17 C
Dhaka
Tuesday, January 18, 2022

3 Principles Digital Minimalism Elevated Mensgah Kekenduan Internet

- Advertisement -

Pada artikel kali ini, penulis akan mengulas bagaimana agar terhindar dari dampak negatifnya teknologi dan media sosial yaitu dengan menerapkan yang namanya

- Advertisement -

Saat ini kehidupan manusia seakan-akan tidak bisa lepas dari internet dan juga media sosial. Terbukti bahwa 4,55 miliar orang di seluruh dunia adalah pengguna media sosial aktif.

Dengan adanya media sosial, semua informasi bisa langsung diakses hanya dengan menggunakan jari bahkan sambil rebahan sekalipun.

Sayangnya, tidak sedikit juga orang yang memanfaatkannya tidak secara bijak, Sehingga masih banyak orang yang menggunakannya sebagai media untuk Cyber Bullying, Julid tentang kehidupan orang lain dan lain-lain.

Kalau kita tidak memanfaatkan media sosial dengan baik, kita malah akan dapat lebih banyak dampak negatifnya, seperti kecanduan, krisis eksistensi atau bahkan bisa termakan hoax yang tersebar.

Berikut ini beberapa fakta yang telah penulis riset melalu tentang banyaknya waktu yang dihabiskan dalam penggunaan teknologi digital dan media sosial;

Waktu Yang dihabiskan Untuk Main HP Setiap Sehari

Dalam beberapa kasus tertentu, terdapat orang-orang yang menghabiskan waktunya 4 sampai 5 jam sehari dalam bermedia sosial dengan pembagian waktu diantaranya pagi, siang, sore dan malamnya. Bahkan juga ada yang 6 sampai 7 jam dalam sehari.

Selain itu, dengan fakta melalui pengecekan screen time, bahkan ada yang 10 jam sehari. Hal ini tentu jauh dari ekspektasi.

Aplikasi Apa Saja Yang Sering Dibuka ?

Dengan waktu sebanyak itu, orang-orang cenderung menghabiskan waktunya membuka Instagram, Youtube, Tiktok dan Pokemon.

Belum lagi paltform media sosial lainnya seperti Twitter, Whatsapp hingga menghabiskan waktu sampai 10 jam.

Berbagai alasan pun dilayangkan seperti Informasi itu ada dimana-mana, Instagram penuh dengan berita-berita panas, jadi kalian pastinya tidak mau ketinggalan dong ya. Juga sekarang kalau soal kerjaan, inspirasinya paling sering dapat dari media sosial, iya gak sih ?

Ada juga yang menghabiskan waktu berjam-jam saat waktu senggang. MIsalnya lagi nunggu syuting sambil main game, nunggu renderan dan masih banyak lagi untuk mengisi waktu luangnya.

Pakai HP Selama Itu Normal Gak Sih ?

Ada yang menganggap bahwa dengan penggunaan HP dengan waktu selama itu masih dalam batas kewajaran meski waktu yang dihabiskan 5 sampai 6 jam bahkan hingga 10 jam dalam sehari dengan bembagian waktu yang berbeda-beda.

Terdapat juga bahwa sebagian orang menganggapnya seimbang dengan alasan kerja, tidur, rebahan sambil main HP.

Related Articles

Leave a Comment:

Stay Connected

100FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles